Penyebab Ruangan Pengap

5 Penyebab Ruangan Pengap Yang Dianggap Sepele

Sebuah ruangan sangat penting pada hunian karena tempat berkumpulnya keluarga untuk melakukan kegiatan di dalam rumah. Tak heran rumah yang sejuk dan nyaman adalah idaman semua orang karena sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup, bahkan banyak orang rela membeli AC agar rumah selalu sejuk dan tidak pengap. Apalagi ruangan pengap membuat kegiatan rumah terganggu dan tidak baik untuk kesehatan.

Faktor Ruangan Menjadi Pengap

Faktor Ruangan Menjadi Pengap

Sejatinya, ruangan pengap ditimbulkan oleh beberapa penyebab yang dianggap sepele. Apalagi penyebab ruangan pengap terjadi tatkala proses pembuatan rumah berlangsung dan tidak disadari oleh pemilik rumah karena kesibukan membeli beragam material dan melayani pekerja. Untuk itulaah tatkala membangun rumah wajib memperhatikan agar ketika rumah jadi nyaman dan tidak pengap sehingga keluarga betah di rumah. Untuk itu dibawah ini ada 5 penyebab ruangan pengap yang harus diketahui, antara lain:

1. Material Atap

Atap sangat penting untuk bangunan karena menjadi pelindung dari berbagai cuaca, baik itu hujan dan panas. Maka agar ruangan tidak pengap harus memperhatikan material yang digunakan, apalagi pelapis genting, berguna agar udara stabil mengatur suhu di dalam ruangan. Walaupun memiliki genting yang kokoh, terkadang ruangan masih pengap sehingga keluarga tidak betah di rumah. Maka menggunakan gypsum adalah pilihan tepat karena partisi gypsum murah dan membuat desain interior tampak mewah.

2. Ventilasi Udara Tidak Baik

Ventilasi udara sangat penting untuk sebuah bangunan agar ruangan tidak pengap. Hal itu karena ventilasi udara dapat menyaring udara di dalam ruangan dengan udara di luar sehingga udara selalu baru dan nyaman ditempati. Selain itu tujuannya agar ruangan tidak lembab dan penghuni rumah bebas dari bakteri dan penyakit, pastinya rumah akan segar dan tidak panas.

3. Tidak Ada Penghijauan

Siapa sangka, rumah yang tidak memiliki penghijauan di sekitar rumah membuat rumah beserta ruangan di dalamnya akan pengap. Usahakan menamam tanaman di sekitar rumah baik itu tanaman hias maupun pohon mangga dan pohon lainnya agar semilir angin dari pohon tersebut memasuki rumah sehingga rumah sejuk. Selain itu penggunaan gypsum juga membuat ruangan tidak pengap, hal itu karena material gypsum tidak membuat ruangan panas dan memiliki desain elegan. Maka disarankan anda mencari partisi gypsum murah namun berkualiatas.

4. Warna Cat Dinding Gelap

Penyebab ruangan pengap juga ditimbulkan dari warna cat dinding yang gelap karena warna cat gelap dapat memantulkan sinar matahari yang datang. Apalagi warna gelap memiliki sifat menyerap panas dengan baik sehingga membuat ruangan pengap dan tidak nyaman ditempati. Diantara warna cat gelap tersebut misalnya hitam, biru tua dan lain-lain. Untuk itu untuk ruangan seperti kamar, ruang tamu dan ruangan keluarga diusahakan memilih warna terang agar dapat menyaring suhu yang berlebihan di ruangan tersebut.

5. Plafon Teralu Rendah

Umumnya ketinggian plafon sekitar 3 meter karena pemasangan plafon yang terlalu rendah membuat ruangan menjadi pengap. Selain itu penggunaan plafon berupa gypsum menjadi pilihan tepat karena gpsum terbuat dari material yang adem. Sejatinya, partisi gypsum juga beredar di berbagai daerah karena sudah umum rumah menggunakan gypsum. Terutama di Jakarta yang mendominasi produsen gypsum, maka anda yang tinggal di Jakarta dapat mencari toko partisi Jakarta yang tak terlalu jauh dari rumah.

Sebenarnya penyebab ruangan pengap masih beragam dan terkadang terlihat sepele. Namun ke 5 penyebab ruangan pengap di atas dapat menjadi pengetahuan agar tatkala membuat rumah tidak melakukan kesalahan yang menyebabkan ruaangan pengap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *