Karpet untuk Rumah

Bingung Memilih Karpet untuk Rumah? Intip Kelebihan Karpet yang Satu Ini

Ingin menggunakan karpet di rumah menggantikan lantai keramik? Ada banyak pilihan motif hingga warna karpet. Tidak ada salahnya menggunakan karpet untuk lantai rumah, karena banyak sekali fungsinya. Karpet sangat mudah dipasang, misalnya saja karpet tile yang bentuknya kotak. Kedua, karpet lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan lantai keramik.

Perawatan karpet hanya perlu menggunakan mesin vakum, tidak perlu bahan kimia pembersih lantai. Ada begitu banyak jenis karpet yang bisa dipilih. Jika dilihat dari bentuknya ada dua yaitu karpet roll dan karpet persegi (tile). Karpet roll bentuknya gulungan besar yang sering digunakan pada gedung perkantoran dan lantai masjid. Sedangkan karpet persegi lebih direkomendasikan karena lebih banyak keuntungannya.

Keunggulan Penggunaan Karpet Tile Pada Hunian 

Keunggulan Penggunaan Karpet Tile

Karpet yang berbentuk persegi dengan ukuran lebih kecil lebih banyak memberikan keuntungan daripada karpet roll. Selama ini mungkin Anda hanya mengenal bahwa jenis karpet untuk ruangan yang luas seperti lantai seluruh rumah adalah karpet roll. Sehingga untuk segi biaya hingga pemasangannya pun sangat rumit.

Kini tidak lagi, karena karpet persegi akan memberikan lebih banyak keuntungan. Berikut ini macam-macam keunggulan dari karpet tile:

1. Hemat biaya finishing lantai

Jika dibandingkan dengan lantai keramik atau kayu, karpet adalah alternatif yang sangat murah. Bahkan jika dibandingkan karpet roll, karpet persegi sangat hemat biaya. Alasannya adalah tidak banyak bahan yang dibuang. Ketika Anda menggunakan karpet persegi, cukup dengan mengukur luas lantai ruangan, ukuran yang tepat akan didapatkan. Pemasangan hanya dengan merangkai semua karpet persegi. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan lebih tepat tak berlebih.

2. Motif yang lebih unik

Keunikan pada karpet persegi terdapat pada motif yang bisa dihasilkan. Pada karpet roll, Anda akan langsung mendapatkan motif cetak dari pabrik. Jadi jika ingin mendapatkan desain sendiri sangat sulit memilikinya. Pada karpet persegi, Anda bisa menentukan desain karena bisa dirangkai sendiri. Anda bisa menentukan desain sendiri, kemudian merangkai karpet dengan berbagai macam warna. Hasilnya motif yang unik dan hanya Anda yang memiliki bisa didapatkan.

3. Perbaikan yang mudah

Jika proses membersihkan akan membuat karpet lebih tahan lama dan memiliki tampilan yang selalu baru, maka sama juga dengan perbaikan. Karpet akan digunakan setiap hari, tentunya akan sulit terhindar dari kerusakan. Pada saat salah satu bagian karpet rusak, cara memperbaikinya sangat mudah. Dibantu dengan bentuknya yang persegi, Anda hanya perlu mengganti bagian karpet yang rusak. Tanpa harus memotong atau mengelem seperti pada karpet roll. Mudah bukan?

4. Tidak licin dan aman

Karpet persegi terbuat dari bahan yang halus di atasnya, namun pada bagian bawah dilapisi dengan karet anti slip. Jadi setelah dipasang, karpet tidak akan membuat orang yang berpijak di atasnya terpeleset. Apalagi setelah dipasang dengan rapat. Karpet sangat nyaman dan empuk. Kelebihan ini tentunya tidak dimiliki oleh karpet biasa yang di bawahnya hanya dilapisi dengan kain sehingga lebih licin.

5. Keawetan yang Terjamin

Bahan yang dibuat untuk membuat karpet persegi ini adalah rug dengan kualitas tinggi. Bahan ini akan membentuk karpet yang lebih kuat walaupun dipijak secara rutin. Karena bahan berkualitas tinggi inilah, karpet akan bertahan dengan lebih lama. Anda tidak perlu membeli karpet baru dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Keawetan, tampilan, dan kenyamanan lantai harus diprioritaskan. Oleh karena itu tidak ada salahnya menggunakan karpet tile untuk lantai rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *