Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah

Rupanya Inilah Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah Anda

Listrik menjadi salah satu kebutuhan utama dari sebuah rumah. Pasalnya listrik hadir sebagai penunjang untuk berbagai kegiatan rumah tangga. Namun, saat ini ada banyak kasus konsleting listrik yang membuat was-was. Apalagi pada banyak kasus konsleting listrik merambat menjadi kebakaran.

Akan tetapi, sebenarnya hal-hal semacam ini dapat lebih dahulu dicegah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah konsleting listrik. Yuk simak apa saja hal-hal tersebut guna mencegah konsleting listrik di rumah Anda nantinya.

Lakukan Ini Untuk Mencegah Konsleting Listrik

Ada banyak hal yang menyebabkan konsleting listrik. Mulai kabel pembungkus yang keropos sampai dengan penggunaan sambungan kabel yang tidak sesuai standar keamanan. Lalu bagaimana cara mencegah agar hal-hal tersebut tidak terjadi? Berikut beberapa di antaranya.

1. Perhatikan Penggunaan Peralatan Listrik

Penggunaan peralatan listrik menjadi salah satu sorotan yang harus diperhatikan di sini. Pasalnya tidak semua peralatan listrik memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Padahal kehadiran alat yang tidak sesuai standar ini justru berbahaya untuk ke depannya.

Peralatan yang tidak memiliki standar ini kualitasnya tidak diketahui, begitu juga masalah keamanannya. Apalagi besar kemungkinan ia tidak melalui proses tes untuk memastikan sejauh mana kekuatan dan keamanannya. Untuk itu, sebaiknya gunakan peralatan yang memiliki lambang SNI sebagai bentuk usaha meminimalisir konsleting listrik.

2. Gunakan Tenaga Ahli dalam Instalasi Listrik

Ketika melakukan instalasi listrik sebaiknya gunakan jasa instalasi listrik yang berpengalaman. Ini untuk memastikan agar pihak yang memasang listrik di rumah Anda benar-benar memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan.

Nantinya pihak instalasi listrik ini juga dapat melakukan kerjasama dengan jasa lain yang berhubungan dengan listrik dalam pembangunan rumah Anda. Misalkan saja jasa instalasi listrik bekerjasama dengan kontraktor HVAC yang anda hire untuk memastikan peralatan listrik yang digunakan aman dan sesuai dengan standar yang berlaku.

3. Lakukan Pemeriksaan Instalasi Secara Berkala

Ada banyak kasus konsleting listrik ini karena peralatan-peralatan yang sudah rusak maupun aus. Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan instalasi secara berkala guna mencegah hal ini terjadi. Lakukan pemeriksaan berkala setiap beberapa waktu sekali, guna mengetahui bagian mana saja yang rusak dan harus diganti.

Biasanya pemeriksaan dilakukan setelah 10 tahun pemakaian, untuk selanjutnya pemeriksaan kembali dilakukan setiap 5 tahun. Namun, tentu boleh saja melakukan pemeriksaan kurang dari waktu tersebut jika ingin memastikan kondisi alat listrik yang ada di rumah.

4. Pastikan Jika Peralatan Listrik yang Dipasang Sudah Sesuai Standar Keamanan

Memasang peralatan listrik tentu tidak boleh sembarangan, pasalnya ada standar yang harus dipenuhi untuk masing-masing alat listrik. Seperti contohnya pada kabel maupun steker. Ini yang harus dipenuhi untuk mencegah adanya konsleting listrik.

Pemasangan peralatan tersebut juga harus dilakukan pihak-pihak yang berpengalaman agar dapat dikerjakan sesuai dengan standar yang ada. Semuanya dengan mempertimbangkan kondisi rumah serta alat-alat listrik yang nantinya akan dipasang.

5. Jangan Menumpuk Beban Berlebihan

Beban yang berlebihan pada suatu aliran listrik dapat juga berpotensi menimbulkan konsleting listrik. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya jangan menaruh beban berlebihan pada satu aliran listrik. Misalkan saja menumpuk terlalu banyak alat listrik hanya pada satu stop kontak, atau dengan asal menyambung-nyambungkan kabel listrik dengan beban yang besar.

Itu merupakan salah satu penyebab konsleting yang banyak terjadi. Sebaiknya konsultasikan pada pihak jasa instalasi yang digunakan, berapa beban maksimal untuk satu stopkontak.

Melakukan pencegahan konsleting listrik tentu lebih baik jika dibanding harus menghadapi masalah ketika ia sudah terjadi. Ada banyak hal yang sebenarnya dapat dilakukan untuk mencegah kejadian tersebut, seperti yang dilakukan di atas.

Utamanya adalah dengan menggunakan jasa instalasi listrik terpercaya. Pihak instalasi ini nantinya dapat bekerja sama dengan kontraktor-kontraktor lain sehubungan dengan kondisi listrik di rumah Anda. Semisal kontraktor listrik maupun kontraktor pembangunan rumah Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *