Ini Dia 6 Cara Mudah Membersihkan Karpet Lantai

Inilah 6 Cara Membersihkan Karpet Lantai dengan Mudah dan Praktis

Karpet lantai menjadi bagian dari interior rumah yang bisa mempercantik tampilan rumah Anda. Perawatan yang tepat harus dilakukan pada karpet agar bisa tahan lama dan tidak mudah rusak. Noda dan kotoran sering kali menempel pada karpet yang membuat kita harus segera membersihkannya dengan tepat.

Berikut ini adalah cara untuk membersihkan karpet lantai dengan mudah:

1. Pasang keset

Setiap rumah wajib memiliki keset sebagai upaya untuk menjaga kebersihan rumah dari kotoran atau debu yang menempel pada kaki. Disarankan bagi kita untuk meletakkan keset di dekat ruangan atau sebelum memasuki ruangan berkarpet. Jadi, sebelum menginjakkan kaki pada karpet lantai kamar, kaki kita sudah bersih dari berbagai kotoran yang menempel.

Dengan adanya keset, sebelum masuk ke ruangan maka kita harus menggosok-gosokkan telapak kaki pada keset. Anda bisa meletakkan keset pada bagian sudut rumah, seperti di depan kamar mandi, depan pintu ruang tamu, depan freezer, depan kamar musholah dan lain sebagainya sesuai kebutuhan Anda.

 

2. Gunakan vacum cleaner

Alat ini berguna untuk membersihkan debu atau kotoran dan karpet. Sebagian besar orang yang memiliki karpet, pasti juga memiliki alat kebersihan ini karena memang penggunaannya sangat mudah dalam menyedot debu, potongan kertas, plastik dan lainnya. Penggunaan vacum cleaner disarankan pada sebelum aktivitas dan juga akhir aktivitas. Misalnya saja pada malam hari atau pagi hari agar tidak mengganggu aktivitas atau kegiatan di rumah.

 

3. Mencuci secara rutin

Apabila kita memiliki karpet lantai kamar, maka kita harus mencucinya secara rutin. Terkadang, karpet terlihat bersih, tapi kotoran di dalamnya ternyata cukup banyak. Anda harus segera mencucinya untuk membersihkan berbagai kotoran agar karpet tidak mudah rusak dan tidak kusam. Anda bisa mencucinya sendiri ataupun memanggil jasa mencuci karpet yang sudah profesional.

 

4. Menggunakan garam

Garam ternyata bisa digunakan untuk membersihkan karpet lantai meteran dengan mudah. Caranya adalah mencampurkan garam pada air hangat kemudian meletakkannya pada bagian yang terkenal noda atau kotoran. Sikat dengan lembut dan lama-lama kotoran akan menghilang. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air sabun agar wangi.

 

5. Menggunakan baking soda

Bukan saja garam, baking soda juga ampuh dalam membersihkan lantai karpet. Bahan yang terkandung dalam soda ini bisa untuk menghilangkan kotoran atau noda pada karpet dengan lebih mudah. Cara menggunakannya hampir sama dengan garam, yaitu dengan mencampurkannya ke dalam air. Basahi bagian karpet yang kotor kemudian sikat pelan-pelan lalu bilas dengan sabun cuci.

 

6. Menggunakan cairan cuka

Cairan cuka dapat digunakan untuk membersihkan noda dan kotoran dari karpet lantai meteran karpet. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meneteskan air cuka pada karpet. Akan lebih baik lagi jika Anda mencampurkannya pada air hangat. Diamkan sebentar kemudian sikat perlahan hingga noda tersebut hilang. Basuh dengan sabun cuci agar karpet menjadi lebih harum. Perawatan ini baik dilakukan secara rutin agar karpet tetap terjaga dengan baik.

Perawatan pada lantai karpet harus dilakukan secara rutin agar kualitasnya tetap terjaga. Anda harus memastikan bahan karpet terlebih dahulu karena setiap bahan memiliki cara yang berbeda. Jika salah dalam membersihkannya, bisa jadi karpet akan rusak. Untuk itu, lakukan perawatan yang aman untuk kualitas karpet lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *