Peralatan untuk Mengerjakan Floor Hardener

Ini Dia Berbagai Peralatan untuk Mengerjakan Floor Hardener

Sebuah lantai yang digunakan untuk dilalui oleh benda-benda yang berat atau penggunaan yang tinggi, memiliki banyak pertimbangan untuk lapisan lantai tersebut agar dapat bertahan lama dan cukup kuat. Salah satu lapisan yang sering digunakan untuk kebutuhan lantai dengan intensitas tinggi adalah floor hardener sika.

Tanpa adanya lapisan floor hardener, lantai akan mudah rusak ketika sering dilalui oleh orang atau mesin-mesin berat. Atau akan cepat rusak karena bahan kimia yang sering digunakan pada lantai. Demi menghindari hal semacam itu, perlindungan lantai menggunakan floor hardener berupa epoxy sangatlah penting.

Dengan banyak keunggulan memang harga floor hardener relatife mahal, namun jika anda memang membutuhkannya anda harus menyiapkan budget yang sepadan dengan kualitas yang akan diberikan.

Proses epoxy pada lantai biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahlinya atau professional, supaya hasilnya sempurna. Seorang ahli yang biasa mengaplikasikan lantai floor hardener memiliki langkah-langkah yang tepat, sehingga hasilnya juga sangat berbeda jika dibandingkan dengan mengaplikasian oleh sendiri.

Alat yang Harus Dipersiapkan untuk Mengerjakan Floor Hardener

Jika anda menggunakan jasa seorang ahli atau seorang professional untuk mengaplikasikan epoxy pada lantai yang anda bangun, bukan berarti anda tidak boleh mempelajari atau tidak boleh tahu langkah-langkah dan alat-alat apa saja yang digunakan pada saat proses epoxy. Dengan mempelajari alat-alat yang digunakan, akan menambah pengetahuan agar tidak terjadi kesalahan. Jika anda sudah paham mungkin nanti anda yang bisa jadi professional sehingga anda tidak perlu khawatir lagi dengan harga floor hardener yang cukup mahal karena anda dapat mengaplikasikanya sendiri sehingga tidak perlu lagi membayar untuk jasanya.

Ada tiga alat yang perlu digunakan ketika anda mengaplikasikan lantai floor hardener. Berikut merupakan alat-alat yang harus anda perhatikan.

  • Mixer listrik

Mixer listrik dibutuhkan untuk mencampurkan bahan hardener dengan bahan epoxy. Penggunaan mesin mixer listrik ini dapat dikatakan wajib, agar semua bahan benar-benar tercampur dengan merata, karena jika bahan epoxy tidak akan mengering karena bahan hardener yang tidak tercampur merata. Bahkan bisa juga terjadi permukaan lantai yang sudah diaplikasikan epoxy tidak mengering dengan sempurna.

  • Grinder

Grinder merupakan sebuah mesin yang berfungsi sebagai amplas pada lantai beton sekaligus mesin vakum. Mesin ini berguna untuk proses grinding, karena tanpa adanya proses grinding, maka epoxy yang akan dihasilkan tidak akan halus. Permukaan beton mungkin akan kasar, bergelombang bahkan bisa penuh dengan debu. Cara menggunakan grinder memang cukup sulit karena mesin ini cukup berat, tapi bagi para ahli floor hardener tidak akan sulit.

  • Roller

Alat ini merupakan alat yang paling umum digunakan dan paling murah untuk pengaplikasian epoxy. Jenis roller yang anda gunakan haruslah berkualitas. Artinya anda jangan sembarangan menggunakan roller. Roller yang anda gunakan harus halus sehingga hasil pengaplikasiannya akan sempurna. Permukaan yang rata sempurna akan menentukan seberapa tinggi efek mengkilap yang akan dihasilkan oleh epoxy.

Itulah beberapa alat khusus atau alat-alat yang sering digunakan pada proses floor hardener. Harga floor hardener yang mahal dapat anda kurangi jika anda dapat mengaplikasikanya secara sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *