Ini Jawabannya Mengapa Atap Perlu Dirawat

Mengapa Atap Perlu Dirawat Sebelum Musim Hujan? Ini Jawabannya!

Atap adalah salah salah satu bagian terpenting dari sebuah rumah. Fungsi utamanya adalah melindungi bagian dalam rumah dari terjangan sinar matahari dan derasnya air hujan. Bila musim hujan sudah datang, pastikan atap rumah sudah aman dan siap menghadapi guyuran air agar tidak terjadi kebocoran atau rembesan yang tidak diinginkan. Salah satu caranya dengan memberikan waterproofing pada atap sebagai lapisan kedap air. Lalu, mengapa perawatan atap menjelang musim hujan sangat penting? Simak penjelasannya di bawah ini!

4 Alasan Atap Harus Dirawat Sebelum Musim Hujan

 Ini Jawabannya Mengapa Atap Perlu Dirawat

Ada pepatah yang mengatakan “sedia payung sebelum hujan”. Pepatah tersebut juga bisa diterapkan pada rumah dengan melakukan perawatan atap sebelum terjadi musim hujan. Bayangkan bila musim hujan tiba tapi atap rumah masih ada kebocoran. Bisa dipastikan air hujan bisa leluasa masuk ke dalam rumah dan mengganggu semua orang yang ada di dalamnya. Maka dari itu, kamu wajib merawat atap rumah dan memastikan atap telah siap menyambut musim hujan, salah satunya dengan memberi lapisan kedap air atau waterproofing. Inilah 4 alasan kamu harus merawat atap rumah sebelum musim hujan.

1. Mencegah Kebocoran

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan, salah satu fungsi atap adalah sebagai pelindung dari air hujan. Kamu pasti tidak mau kan kalau hujan turun air bisa masuk ke dalam rumah dan membuat semua yang ada di dalamnya menjadi basah. Biasanya di abgian atap itu adalah celah-celah yang memungkinkan air bisa merembes masuk. Celah tersebut bisa jadi karena ketidaksempurnaan saat pembangunan atau karena benturan benda keras. Periksalah atap secara detil saat musim hujan akan tiba.

2. Agar Tidak Ambrol

Kamu pasti sering mendengar berita rumah yang atapmya ambrol saat diguyur oleh hujan lebat. Itu adalah akibat dari tidak dirawatnya atap menjelang musim hujan. Air yang mengguyur dalam jumlah besar dapat menimbulkan beban berat bagi atap. Belum lagi kena terjangan angin yang begitu kuat. Makanya, kamu perlu mengecek kembali kondisi atap saat musim hujan sudah mau tiba. Jangan sampai atap rumah kamu ambrol karena tidak siap diterjang oleh air hujan dan angin kencang.

3. Kuat Terhadap Kelembaban

Sebagai pelindung isi rumah yang berada di bagian paling atas, atap harus tahan terhadap kelembaban. Kondisi di atap sangat rentan mengalami lembab, terutama di musim hujan. Jika atap tidak tahan kelembaban, kemungkinan terbesarnya atap bisa rusak, berlumut, dan akhirnya rapuh. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan atap adalah dengan memberikan lapisan kedap air. Kandungan pada lapisan kedap air akan membuat atap lebih kuat meskipun terkena air atau embun yang bisa menyebabkan kelembaban.

4. Biar Tidak Semakin Kotor

Bagian atap biasanya menampung banyak kotoran, mulai dari tumpukan debu, ranting pohon, kerikil, hingga plastik kemasan makanan atau minuman. Kotoran-kotoran yang terdapat di atap berpotensi menyumbat saluran air. Bila itu terjadi dan terus dibiarkan, atap bisa mengalami kebocoran. Maka dari itu, saat musim hujan sudah diprediksi akan tiba, bersihkan atap rumah. Ambil semua kotoran yang ada di sana agar tidak membuntu jalannya air.

Itulah beberapa alasan mengapa atap rumah harus dirawat saat menjelang musim hujan. Bila kamu tidak bisa merawatnya sendiri, kamu dapat menggunakan jasa profesional untuk merawat atap denagn baik. Dengan demikian, rumah kamu aman dari ancaman bocor, rembesan air, bahkan atap ambruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *