Jenis-jenis Butterfly Valve

Mengenal Jenis-jenis Butterfly Valve

Valve atau kran seperti yang kita kenal selama ini memiliki beragam jenis dan bentuk sesuai dengan berbagai keperluan, seperti untuk keperluan rumah tangga, publik, maupun industri. Fungsi valve ini untuk memperkecil, memaksimalkan, atau bahkan mematikan aliran yang berasal dari pipa atau tabung, baik aliran air, udara, maupun gas. Kita bisa mendapati kran atau valve ini dibanyak tempat yang berhubungan dengan saluran atau pipa baik yang terdapat pada perumahan, pabrik, mesin, maupun instalasi lainnya.

Butterfly valve merupakan salah satu jenis valve dengan penggunaan yang paling luas. Disebut butterfly atau kupu-kupu karena katup pembuka dan penutup menyerupai sayap kupu-kupu. Saat tuas diputar untuk membuka atau menutup saluran, maka katup yang berupa piringan cakram di dalam saluran akan berputar ke kanan atau ke kiri menyerupai sayap kupu-kupu yang sedang mengepak. Perputaran disc sayap kupu-kupu ini dapat diatur kemiringannya sehingga didapat aliran seperti yang diinginkan. Dengan cara ini, saluran yang berupa air, udara, maupun gas dapat diatur volumenya dengan mudah. Butterfly valve paling banyak diaplikasikan dibanyak industri termasuk keperluan rumah tangga. Contoh paling sederhana dari pengaplikasian butterfly valve adalah kran di kamar mandi atau pipa PAM.

Jenis-jenis Butterfly Valve

Butterfly valve begitu populer dan disukai di seluruh dunia antara lain karena kemudahan dalam pengoperasian dan perawatan. Di sini seorang operator tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk membuka atau menutup kran. Namun demikian, Butterfly valve memiliki tiga varian untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan debit atau tekanan.

Jenis-jenis Butterfly Valve

1. Concentric Butterfly Valve

Concentric Butterfly Valve atau kran kupu-kupu standar merupakan kran yang paling banyak digunakan dalam rumah tangga atau keperluan lain yang membutuhkan debit atau tekanan kecil. Katup yang terdapat di dalam tabung valve ini hanya satu untuk memudahkan pengoperasian. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan tenaga besar untuk membuka atau menutup kran. Perawatan atau pembersihan pada disc cakram ini tergolong mudah karena susunan mekaniknya yang sederhana. Contoh paling sederhana penggunaan valve ini terdapat pada kamar mandi kita.

Jenis-jenis Butterfly Valve

2. Double Offset Butterfly Valves

Double Offset Butterfly Valves merupakan butterfly valve yang menggunakan katup ganda dengan jarak tertentu untuk mengurangi tekanan atau debit pada saluran pipa. Hal ini perlu dilakukan mengingat kran pada pipa ini tergolong besar sehingga membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk mengoperasikannya. Untuk mengurangi beban tekanan maupun debit, maka dibuatlah katup tambahan. Cara ini terbukti efektif mengurangi tenaga bagi operator di samping umur pakainya lebih lama daripada butterfly valve. Kran ini berukuran lebih besar daripada butterfly valve dan umum digunakan pada banyak instalasi menengah. Irigasi maupun proyek pipanisasi biasanya menggunakan kra jenis ini.

Jenis-jenis Butterfly Valve

3. Triple Offset Butterfly Valves

Triple Offset Butterfly Valves adalah jenis butterfly valve yang menggunakan tiga katup pada jarak yang berbeda. Jika double offset butterfly valve biasa digunakan untuk pipa sedang, maka triple offset butterfly valve digunakan untuk saluran dan pipa besar. Sama dengan butterfly valve tipe double offset butterfly valve, kran jenis ini dirancang untuk mengurangi debit atau tekanan yang super besar. Proses perawatan kran jenis ini lebih rumit tetapi umur pakainya lebih lama daripada kedua valve di atas. Proyek pengeboran minyak bumi dan gas alam serta isntalasi listrik tenaga air biasanya menggunakan kran jenis ini mengingat debit maupun tekanannya sangat kuat.

 

Dapatkan harga Butterfly Valve terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *