Kelebihan Bahan UPVC Dibandingkan Bahan Kayu

Sangat Menarik! Inilah 4 Kelebihan Bahan UPVC Dibandingkan Bahan Kayu

Jika di masa lalu orang-orang lebih gemar menggunakan bahan kayu sebagai material rumahnya. Kini dengan semakin berkembangnya zaman, penggunaan bahan kayu pun menjadi sedikit berkurang eksistensinya. Bukan berarti bahan kayu buruk dan tidak berkualitas, namun di era industri yang modern ini telah banyak hadir beragam bahan bangunan yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan bahan kayu. Dan salah satunya adalah bahan UPVC.

Bahan UPVC atau Unplasticised Poly Vinyl Chloride merupakan bahan bangunan yang terbuat dari bahan alami sejenis termoplastik. Termoplastik sediri merupakan bahan yang terbuat dari unsur minyak bumi dan juga garam. Meski penampakannya mirip dengan bahan PVC, namun antara PVC dan UPVC memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Jika dibandingkan dengan bahan kayu, intensitas penggunaan bahan UPVC saat ini benar-benar sangat meningkat. Biasanya banyak orang menggunakannya sebagai kusen jendela dan juga pintu di dalam suatu ruangan. Tak hanya diruangan tertentu saja, bahkan penggunaannya sebagai pintu kamar mandi kini begitu populer. Kehadiran pintu UPVC kamar mandi dirasa sangat menguntungkan, strukturnya yang kuat dan tahan terhadap air menjadikan pintu di area kamar mandi terbebas dari segala kerusakan seperti lapuk dan juga keropos.

Seperti yang kita tahu, meskipun bahan kayu memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan bahan UPVC. Namun bahan kayu tidak memiliki ketahanan yang baik terhadap rembesan air. Rembesan air yang terjadi secara terus-menerus akan membuat bahan kayu menjadi lapuk, berjamur, dan menjadi keropos. Lain halnya dengan bahan UPVC meski memiliki bobot yang ringan, namun ketahanannya terhadap rembesan air benar-benar patut diacungi jempol. Tak heran, penggunaan pintu UPVC kamar mandi kini menjadi semakin populer. Nah, bagi kamu yang masih penasaran apa saja kelebihan bahan UPVC dibandingkan bahan kayu. Simaklah uraiannya berikut ini!

4 Kelebihan Bahan UPVC Dibandingkan Bahan Kayu

1. Bebas dari Rayap

Kelebihan Bahan UPVC Dibandingkan Bahan Kayu

Bahan kayu memang memiliki keunikan yang begitu khas dan mempesona. Namun sayangnya penggunaan bahan kayu di dalam suatu ruangan akan sangat rentan untuk terkena hama rayap. Berbeda dengan bahan UPVC, terbuat dari lapisan termoplastik yang berkualitas bahan UPVC merupakan bahan yang tidak akan pernah mengalami pelapukan. Dan alhasil rayap pun tidak akan pernah bersarang di dalamnya.

2. Memiliki Proteksi yang Baik Terhadap Api

Kelebihan Bahan UPVC Dibandingkan Bahan Kayu

Seperti yang kita tahu, bahan kayu sangat mudah sekali untuk terbakar apabila terkena api. Namun hal itu tidak berlaku pada bahan UPVC. Sebaliknya, bahan UPVC bahkan memiliki proteksi yang sangat baik terhadap api. Saat terjadi kecelakaan berupa kebakaran, bahan UPVC mampu meminimalisir api sehingga tidak menjadikannya menjalar keseluruh ruangan.

3. Tahan Terhadap Kelembaban dan Rembesan Air

Kelebihan Bahan UPVC Dibandingkan Bahan Kayu

Maraknya penggunaan pintu UPVC kamar mandi seakan menjadi bukti bahwa kualitasnya memang sudah tidak diragukan lagi. Seperti yang kita tahu, area kamar mandi merupakan tempat yang memiliki intensitas air cukup tinggi. Jika material pintu yang digunakan berbahan kayu, maka sudah dipastikan pintu akan mudah mengalami kerusakan hingga membuatnya lapuk, berjamur dan keropos.

4. Lebih Mudah untuk Dirawat

Kelebihan Bahan UPVC Dibandingkan Bahan Kayu

Bahan kayu akan rentan mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Perawatan yang dilakukan pun cukup rumit hingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun hal itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan bahan UPVC. Meski bobotnya ringan, bahan UPVC tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan mahal. Kamu hanya perlu membersihkannya secara rutin menggunakan kain lap. Dalam pemakaian jangka panjang, bahan UPVC bahkan tidak akan membuat kamu mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikan dikemudian hari. Kualitasnya akan selalu sama meski sudah berumur puluhan tahun lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *