Tips Merawat Kusen Berbahan UPVC!

Yuk Kenali 4 Tips Merawat Kusen Berbahan UPVC!

Akhir-akhir ini kusen UPVC telah semakin populer di Indonesia. Pasalnya kusen berbahan UPVC sendiri memiliki beragam keunggulan, seperti mudah dalam perawatannya, kemudian keawetannya pun tak diragukan. Bagi yang telah memilih kusen berbahan UPVC ini, maka kalian harus mengetahui bagaimana perawatan yang benar. Pasalnya bahan UPVC ini berbeda sekali dengan kusen yang berbahan kayu. Untuk lebih jelasnya, baca dan pahami tipsnya melalui artikel berikut.

Langkah sederhana agar kusen berbahan UPVC awet

Cukup banyak masyarakat yang telah menggunakan kusen UPVC untuk rumahnya. Seperti yang diketahui, kusen berbahan UPVC memiliki beragam kelebihan. Mulai dari keawetannya hingga perawatannya yang super mudah. Tidak perlu menggunakan jasa tertentu untuk merawat kusen tersebut, kalian hanya perlu melakukan 4 langkah sederhana berikut:

1. Manfaatkan kain lap biasa

Untuk perawatan kusen UPVC sebenarnya simple, kalian hanya perlu memperhatikan kebersihan kusennya setiap saat. Jika telah tampak berdebu, maka kalian harus mengelapnya menggunakan kain lap biasa atau kain yang memiliki serat. Sehingga debu yang menempel pada kusen dapat terangkat secara maksimal.

2. Manfaatkan air hangat

Tak hanya membutuhkan kain lap saja, kalian juga perlu menggunakan air hangat agar percikan bekas air hujan ataupun kotoran lain dapat menghilang. Mengapa harus air hangat? Karena air hangat itu memiliki fungsi sebagai perontok kotoran yang menempel pada kusen.  Pasalnya terkadang ada pula kotoran yang tidak terangkat hanya menggunakan air hangat. Jika itu terjadi pada kusen di rumah, maka artinya kalian membutuhkan cairan dengan kandungan khusus.

3. Manfaatkan cairan khusus pembersih

Agar kotoran beserta debu pada kusen UPVC lebih mudah terangkat, maka yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan cairan khusus untuk pembersih. Kemudian jika kalian menemukan noda yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan air hangat, maka cairan khusus pembersih akan menjadi solusinya. Untuk mendapatkan cairan khusus pembersih ini, kalian perlu mengunjungi supermarket. Kemudian campurkan cairan khusus pembersih menggunakan air hangat, setelah itu masukkan lap ke dalam campuran cairan tersebut. Setelah itu peras lapnya dan gosok kusennya hingga bersih.

4. Bersihkan silicon kusen

Pada bagian luar kusen, kalian pasti akan menemukan sebuah silicon kusen. Silikon tersebut hendaknya harus selalu diperhatikan kebersihannya. Jika memang tampak kotor maka segeralah mengelapnya menggunakan air hangat ataupun cairan khusus dan lap. Jangan biarkan debu menempel pada silicon karena hal itu akan menghalangi pergerakan pintu dan juga jendela.

Untuk melakukan 4 perawatan di atas, kalian tidak membutuhkan tenaga profesional. Pasalnya kini kalian dapat melakukan perawatan kusen rumah sendiri tanpa bantuan pihak lain. Jangan berpikir perawatan kusen itu sulit, karena pada dasarnya kalian hanya membutuhkan lap, air hangat dan cairan pembersih jika memang dibutuhkan. Selain itu kalian juga perlu telaten dalam melihat silicon kusennya. Jika sudah tampak berdebu dan kotor, maka silicon tersebut harus dibersihkan segera.

Meski perawatannya super praktis serta tidak membutuhkan bahan dan peralatan yang beraneka ragam, namun kusen UPVC ini cukup awet dibandingkan kusen berjenis lainnya seperti kayu. Sudah banyak buktinya bahwa kusen berbahan UPVC ini tahan terhadap serangan rayap. Tak hanya itu, UPVC juga merupakan sebuah bahan yang tahan terhadap air. Sehingga ketika musim hujan sudah tiba, para pengguna kusen bahan UPVC tidak akan panik dan stres. Pasalnya sesering apapun kusennya terkena air, ketahanannya tetap terjaga dan dapat dibuktikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *